Beberapa Pernyataan Tentang Grease, Mitos atau Fakta | Spesifikasi Oli

Oct 22, 2019 Blog by admin

Beberapa pernyataan Tentang Grease, Mitos Atau Fakta.

Pada dunia industri khususnya fabrikasi logam, grease merupakan suatu hal yang paling berpengaruh untuk proses produksi. Sehingga beberapa pernyataan mengenai grease sudah tersebar diantara masyarakat. Ada beberapa pernyataan yang paling familiar dan sudah menjadi lumrah seperti tentang  warna grease punya pengaruh kualitasnya, grease bisa menyebabkan kerusakan mesin,  semakin banyak grease makin baik untuk mesin (overgreasing is good), beberapa orang menilai kualitas grease dari tingkat kebersihan dan kejernihannya saja. Nah apakah hal tersebut hanya isapan jempol semata ataukah fakta?

grease 3 Beberapa Pernyataan Tentang Grease, Mitos atau Fakta | Spesifikasi Oli

Harga minyak pelumas, spesifikasi oil, distributor forging oil

 

  1. Grease yang Lama Dipakai Bisa Membuat Mesin Rusak

Pernyaan ini memiliki dua kemungkinan yaitu fakta dan hanya isapan jempol semata , tidak benar karena penyebab utama kerusakan mesin yaitu memilih pelumas yang tidak tepat, atau bisa jadi akibat kontaminasi yang tinggi, misalnya kotoran besi, pasir , pecahan metal  dari bagian mesin lain.  Bisa menjadi fakta jika grease tidak di monitoring dan dikuras secara berkala. Monitoring dan perawatan kondisi mesin serta grease bisa mencegah rusaknya mesin.

 

  1. Fungsi Grease Hanya Satu, yaitu Melumasi Mesin

Ada banyak fungsi grease yang tidak diketahui banyak orang, misalnya pada penggunaan lain grease juga berperan sebagai pembawa kotoran ke saringan mesin, pelumas juga mampu berperan sebagai coolant yang bisa mendinginkan, selain itu grease memiliki fungsi sebagai seal bearing untuk mencegah masuknya partikel yang tidak diinginkan.

 

  1. Pelumas yang Banyak Bagus Untuk Mesin

Pendapat ini dapat menjadi salah karena kebanyakan grease justru malah bisa menjadi penyebab pecahnya seal mesin sehingga akan masuk  benda atau kotoran yang tidak diinginkan. Kebanyakan grease menyebabkan kegagalan pada bearing, karena tingginya tekanan fluida didalam mesin.

 

  1. Beningnya Pelumas Berbanding Lurus dengan Kualitas

Pertama tidak semua grease memiliki warna ataupun material yang bening. Dikondisi tertentu, grease yang kotor malah memiliki kualitas baik.  Contohnya Dmesin pembakaran internal misalnya , mesin menghasilkan karbon hitam dan material lain. Material kemudian di bawa oleh pelumas ke filter. Jadi intinya dalam penerepannya beberapa pelumas memang harus terlihat kotor, dan ditempat lain pelumas harus bersih dan bening.

 

  1. Kualitas ditentukan Oleh Warna

Pendapat ini merupakan salah satu pendapat umum yang merupakan kesalahan. Warna stempet sama sekali tidak ada hubungannya dengan kualitas , stempet yang pucat  tidak mengkilap bisa saja sama kualitasnya dengan gemuk yang merah dan mengkilap. Warna dari gemuk hanya pembeda dari setiap produsennya.

 

Pendapat yang Kurang Tepat Soal Grease

Pendapat yang kurang tepat soal grease seperti beberapa yang sudah disebutkan tadi. Ada baiknya sebelum sobat membeli grease, silahkan sobat menghubungi terlebih dahulu supplier grease dan kimia industri yang terjamin dan terpercaya. PT. Asia Talenta Mandiri akan memberikan sobat semua rekomendasi yang terbaik untuk semua kebutuhan fabrikasi logam ataupun plastic. Harga minyak pelumas, spesifikasi oil, distributor forging oil. Bisa menghubungi kami lewat email : marketingonline@asiatalenta.co.id ataupun nomer telepon: 021 2908 2716. Semoga Artikel ini bermanfaat untuk semua sobat @asiatalenta ya!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.